Tuesday, February 5, 2008

cinta...




Kisah ini dimulai dari kebencian. Seorang menantu yang berambisi menghabisi nyawa mertuanya lantaran kesal dengan sikap mertuanya,” cerita Seno Hadi Sumitro mengutip dalam buku The Power of Love, Kamis (25/10) malam itu.
Dengan khidmat, seratusan hadirin yang tergabung dalam Rotary Club Solo Kartini itu pun menyimak kisah-kisah bijak yang diambil dari Negeri Tirai Bambu, China.”Saya akan memberikan ramuan, yang secara perlahan obat itu akan menghabisi nyawa mertuamu. Namun, syaratnya kamu harus tekun menyuguhkan ramuan ini dan siap melayani mertuamu setiap hari. Siang-malam,” lanjut Sumitro.Alhasil, ketekunannya melayani mertuanya setiap hari rupanya membuahkan hasil. Namun bukan sebuah kematian mertua yang ia temukan. Melainkan perubahan sikap mertuanya yang menjadi penyayang kepada dirinya. Bahkan saking sayangnya, mertua itu kerap membanggakan menantunya melebihi anaknya sendiri di hadapan saudara-saudaranya. Sebaliknya, kebencian menantu pun menjadi berbalik 100%. Dia menjadi penyayang bukan main kepada mertuanya.”Lalu bagaimana dengan reaksi racun yang selama ini diberikan menantu kepada mertuanya?” tanya Sumitro kepada hadirin di Sasana Mangun Suka nDalem Wuryaningratan Solo. Belum sempat hadirin menjawab, Sumitro terlebih dulu menyahut, ”Racun itu ada di dalam hati sang menantu yang kini telah sembuh karena kekuatan cinta!”Karena kekuatan cinta itulah, terang Sumitro, maka segala kebencian yang tumbuh di hati menantu dan mertua pun akhirnya sirna. Sumitro rupanya mampu mengakhiri akhir ceritanya dengan klimaks. Tepuk tangan hadirin pun pecah, memenuhi gedung yang berkemilau cahaya lilin dan lampu kecil itu.Presiden Rotary Club Solo Kartini, Ina Primani mengungkapkan, perkumpulan yang dia pimpin itu memang bertujuan untuk perjuangan cinta kasih kemanusiaan. Organisasi itu, tegas Ina, bukan hanya di Solo atau di Indonesia. Melainkan sudah mendunia yang berpusat di Amerika Serikat. - Aries Susanto


No comments:

Post a Comment

Tentang Blog

Ini hanya cerita tentang orang biasa. Tentang ketegarannya, kesabarannya, ketekunannya, kebesaran jiwanya, dan kepasrahan hidupnya kepada pemangku jagad ini.

Terpopuler

Designed ByBlogger Templates